Pengikut

Senin, 11 Maret 2013

Pohon Jacaranda (Jacaranda Mimosifilia)


Jacaranda-Tree-Fflat,550x550,075,f



Pohon Berbunga
Jacaranda adalah pohon berbunga. Tingginya bisa mencapai antara 5 sampai 15 meter. Kalau sedang berbunga WOW… bunganya sangat banyak sekali jumlahnya. Bunga – bunganya sebetulnya kecil tetapi berkelompok. Diameter satu kelompok bunga Jacaranda bisa mencapai 30 centimeter.
Kota Menjadi Biru
Aslinya, pohon Jacaranda berasal dari Amerika Selatan. Tetapi, karena keindahannya, pohon ini banyak ditanam di daerah sub-troopis lainnya, seperti Australia, portugal, Italia, sampai di Afrika Selatan. Daun – daunnya yang rindang membuatnya banyak ditanam di tepi – tepi jalan.
Jacaranda akan berbunga saat musim semi dan awal musim panas. Bunganya bisa bertahan selama dua bulan. Jika sedang berbunga, seluruh kota menjadi berwrna biru.
Ssst….. sebetulnya pohon Jacaranda banyak macam dan jenisny. Tetapi yang paling terkenal adalah Jacaranda Biru atau nama latinnya Jacaranda Mimosifolia.
Bunga Ujian dan Bunga Festival
Musim mekarnya Jacaranda di kota Pretoria, Afrika Selatan bertepatan dengaan uian akhir tahun di Universitas Pretoria. Di sana sampai ada legenda unik. Kalau kepalamu kejatuhan bunga Jacaranda, itu berarti kamu akan lulus semua ujian…
Bermanfaat Juga LHO!!!
Selain cantik bunga Jacaranda juga banyak manfaatnya. Misalnya, kayu pohon Jacaranda Brazil digunakan untuk badan gitar akustik. Daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna ungu oleh orang Cina. Lalu air yang di-ekstrak dari Jacaranda mengandung zat mikroba yang dipakai untuk melawan bakteri E.coli, penyebab sakit perut.




Sumber  : fikriganteng.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar