Pengikut

Minggu, 11 Agustus 2013

Macam Macam Bentuk – Bentuk Pemerintahan Di Dunia

Halo sobat ananda fikri sudah lama ya saya tidak sempat menulis artikel tambahan di blog ini karena adanya berbagai kesibukan. Tapi kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel yang berjudul  Bentuk bentuk pemerintahan di dunia. silahkan membaca ya



  • Teori Modern
Dalam teori modern, bentuk pemerintahan dibedakan antara bentuk Monarkhi dan Republik. Pembagian bentuk pemerintahan menjadi Monarkhi dan Republik mula pertama kali dikemukakan oleh Nicollo Machiavelli. Dalam bukunya yang berjudul “Il Principe”, ia menyatakan bahwa Monarkhi merupakan pemerintahan negara yang dipegang oleh seorang, yang dalam menjalankan kekuasaannya untuk kepentingan semua orang, sedangkan Republik berasal dari kata “Res–Publika” yang berarti organisasi kenegaraan yang mengurus kepentingan bersama. Akan tetapi Machiavelli tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kreteria yang dapat digunakan untuk membedakan kedua bentuk tersebut.

  • Macam–macam Monarkhi :
  1. Monarkhi Absolut.
Pengertian : Monarki mutlak atau monarki absolut merupakan bentuk monarki di mana seorang raja mempunyai kuasa penuh untuk memerintah negaranya. Berbeda dengan sistem monarki konstitusional, perdana menteri dalam kerajaan monarki mutlak hanya memainkan peranan simbolis
Contoh : Arab Saudi, Brunei, dan Swaziland

  1. Monarkhi Konstitusional.
Pengertian : Monarki yang didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui raja sebagai kepala negara. Monarki konstitusional yang modern biasanya menggunakan konsep trias politica, atau politik tiga serangkai. Ini berarti raja adalah hanya ketua simbolis cabang eksekutif. Jika seorang raja mempunyai kekuasaan pemerintahan yang penuh, ia disebut monarki mutlak atau monarki absolut.
Contoh : Belanda, Inggris, Denmark, Belgia.

  1. Monarkhi Parlementer.
Pengertian : Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dalam monarki parlementer, kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet (perdana menteri) dan bertanggung jawab kepada parlemen. Fungsi raja hanya sebagai kepala negara (simbol kekuasaan) yang kedudukannya tidak dapat diganggu gugat.
Contoh : Inggris, Belanda, Belgia, Thailand, Jepang,

  • Macam–macam Republik.
  1. Republik Absolut (disebut juga Diktatur).
Pengertian :Krenenburg menyebut dengan istilah Autokrasi, sedangkan Otto Koellreuter menyebut dengan istilah Otoriter.
Contoh : Jerman pada masa Hittler, Uganda pada masa Idi Amin.

Pada masa sekarang Autokrasi modern dimanifestasikan dalam bentuk sistem satu partai (partai tunggal). Diktatur ada 4 macam yaitu : (a) Diktatur legal adalahpemerintahan yang dipimpin oleh seorang untuk masa tertentu bila negara dalam keadaan bahaya; (b) Diktatur nyata adlalah pemerintahan diktatur yang tidak bersifat legal dan negara masih bersifat demokrasi; (c) Diktatur partai adalah pemerintahan yang didukung oleh satu partai; dan (d) Diktatur proletar adalah pemerintahan yang didukung oleh kaum proletar (buruh dan petani kecil).

  1. Republik Konstitusional.
Pengertian : Suatu bentuk pemerintahan yang dapat mempraktikkan sistem pemerintahan presidensial maupun parlementer
Contoh : Amerika Serikat, Indonesia berdasarkan UUD 1945.

  1. Republik Parlementer.
Pengertian : Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang presiden dengan menempatkan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dalam monarki parlementer, kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet (perdana menteri) dan bertanggung jawab kepada parlemen.
Contoh : India, Pakistan, Israel, Perancis

Terima kasih telah mambaca kunjungi artikel saya yang lain ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar